About Me
Name: cha_i
Home: jaKarta, jakarta timur, Indonesia
About Me: LutChu sImpLe asYiik,, anD d' bLa,,bLa,,bLa,,
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Links
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER

 

 

 
  Rabu, 14 Januari 2009  
 
 
Mencegah Dehidrasi Pada Anak

JAKARTA-- Aktivitas minum air bisa tampak sebagai hal yang sepele. Padahal kebiasaan mengonsumsi cairan yang cukup dapat mempertahankan hidrasi atau kebutuhan tubuh terhadap air dan mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan.

Meskipun kini udara tidak terlalu panas yang berpotensi menyebabkan dehidrasi akibat tingginya volume keringat, Anda harus tetap waspada. Pasalnya, anak seringkali asyik bermain sehingga lupa untuk minum guna menjaga kadar air dalam tubuh.

Padahal kandungan air dalam tubuh bayi dan anak usia bawah lima tahun (balita) lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Secara sederhana, ukuran kebutuhan cairan untuk anak yang memiliki berat 10 kg maka kebutuhannya 1.000 cc per hari. Kemudian, untuk 10 kg selanjutnya, kebutuhan cairan pada anak bertambah menjadi 1.500 cc per hari.

Perlu diingat, jumlah tersebut jika anak berada dalam kondisi normal. Artinya, tidak dalam keadaan sakit atau melakukan aktivitas yang berlebihan.

Apabila anak berkeringat akibat udara panas atau berolahraga, maka cairan yang masuk kedalam tubuhnya juga perlu ditambah yaitu sekitar 10%-20% cairan dibandingkan kebutuhan normal per hari.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada balita Anda, antara lain:

  • Biasakan si kecil untuk minum secara teratur setiap hari, terutama bila dia banyak beraktivitas. Cairan yang dikonsumsi sebaiknya diatur agar bervariasi.
  • Anak harus minum air paling tidak 8 gelas sehari. Anda dapat memberinya dalam bentuk kombinasi aneka jenis cairan, seperti jus buah, buah segar, sup, dan lain-lain.
  • Berilah minuman sebelum balita Anda mulai beraktivitas, seperti bermain di halaman.
  • Tetaplah beri minuman pada si kecil, sekalipun dia tidak begitu haus.
  • Jika bayi atau balita terlihat lemas dan bibirnya kering, segera beri minum. Atau, buang air besarnya terlihat cair, segera berikan minum yang cukup.
sumber: republika.co.id

Label:

posted by cha_i @ 04.21  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home